CLOCK

Selasa, 01 Februari 2011

SAPAN MALULUANG, Pemandian air panas di SOLOK SELATAN


Pemandian Air Panas Sapan Maluluang

Sapan Maluluang saat ini adalah sebutan untuk suatu tempat lokasi Wisata di daerah Sapan, Pinang Awan, Kanagarian Pauah Duo Nan Batigo, Kecamatan Pauah Duo (Pekan Selasa) di Solok Selatan, terletak diantara Muara Labuh dan Ibukota Kabupaten, Padang Aro dengan jarak sekitar 2,5 KM dari Jalan Raya dengan alamnya yang dikelilingi oleh hutan hujan dijajaran Bukit Barisan.

Dinamakan Sapan Maluluang adalah karena gemuruh yang keluar dari dalam tanah dikaki perbukitan tersebut pada pagi hari atau pada saat-saat tertentu seperti suara lolongan atau raungan orang yang sedang menangis (Maluluang = Rauangan) adalah bahasa daerah setempat.


Sapan Maluluang merupakan sumber air panas paling besar di Solok Selatan, dengan temperatur yang sangat tinggi, sangat berbahaya jika tersentuh kulit. Saking panasnya, mata air yang mendidih seperti sedang dimasak ini, digunakan oleh wisatawan yang berkunjung untuk merebus Telur dan Pisang yang sudah tersedia dujual dilokasi ini.


Areal Sapan Maluluang ini akan diolah dan dijadikan area WATER BOOM AIR HANGAT, yang mana air yang bersumber dari mata air panas dari Gunung Kerinci nantinya akan dicampur dengan air dingin sehingga mencapai suhu yang layak untuk digunakan sebagai tempat pemandian yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan lainnya. Saat ini Baru kolam pemandian saja yang bisa digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar